Selasa, 19 Juni 2012

Tips keamanan rumah selama mudik lebaran

Sudah menjadi tradisi Bangsa Indonesia dan mungkin hanya di Indonesia saja yang mengenal adanya tradisi mudik selama lebaran. Penduduk di kota-kota besar kebanyakan adalah perantau yang datang dari berbagai pelosok daerah di Indonesia.

Selama mudik lebaran ini biasanya hampir seluruh keluarga dibawa untuk mudik, sehingga banyak rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kosong. Hal ini tentu saja menimbulkan resiko keamanan rumah dari terjadinya tindak kejahatan maupun bencana. Banyak penjahat yang memanfaatkan momen mudik lebaran ini untuk melakukan aksinya ketika rumah dalam keadaan kosong ditinggal oleh penghuninya yang mudik. Selain resiko kemalingan, rumah yang ditingalkan dalam keadaan kosong juga beresiko terjadinya bencana lain, seperti kebakaran. Kebakaran ini sering diakibatkan karena konsleting listrik, ataupun penyebab lainnya.

Karena resiko-resiko keamanan seperti disebutkan diatas itulah sehingga para pemudik menjadi tidak tenang selama mudik lebaran dikampung halaman. Untuk masalah keamanan ini kebanyakan mengatasinya dengan cara menitipkan kepada tentangga yg tidak mudik, ataupun dititipkan kepihak keamanan komplek rumah. Tapi masalahnya biasanya hampir seluruh tetangga juga mudik, kalaupun tidak mudik mereka punya acara, begitupun pihak kemanan seperti satpam ataupun hansip di komplek perumahan, biasanya pada waktu lebaran mereka juga sebagian ikut mudik, dan yang tersisa juga mempunyai acara keluarga sendiri waktu lebaran. Walhasil keamanan rumah para pemudik menjadi masih tetap rentan dan berisiko terhadap tindak kejahatan dan bencana.

Pemasangan alat keamanan tambahan merupakan salah satu cara yang tepat dan diperlukan untuk mengatasi masalah keamanan rumah tersebut. Dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan IT sekarang ini, banyak alat-alat keamanan yg terhubung atau terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi seperti jaringan seluler. Sehingga keamanan rumah bisa dipantau dan dikendalikan melalui HP pemilik rumah.

Salah satu sistem keamanan rumah yang berbasis teknologi ini adalah 3G wireless Camera Alarm System. Sistem keamanan ini terdiri dari 3G Camera yang dipadukan dengan alarm dan sensor pintu, sensor gas, sensor api, sensor gerak yang dilengkapi teknologi telekomunikasi atau seluler GSM dengan jaringan 3G. Sehingga pemilik rumah dapat memantau rumah langsung dari HP selama mudik lebaran.

Cara Kerja Sistem Keamanan:

1. Ketika seseorang masuk ke rumah tanpa ijin maka sensor kemanan akan aktif
2. Sensor akan mengirimkan signal ke alat 3G camera
3. 3G camera akan mengambil gambar dan mengirim secara otomatis sms yg berisi
informasi mengenai pintu yg terbuka dan MMS yg berhasil gambar yg di ambil ke hp
pemilik rumah.
4. Pemilik rumah dapat membaca status kejadian dirumah lewat SMS dan melihat
kondisi rumah lewat MMS
5. Pemilik rumah dapat melihat secara realtime video keadaan rumah dari HP dgn
melakukan video call ke nomor 3G camera yg terpasang.
6. Arah camera dapat diatur langsung dari HP, selain itu bisa juga melakukan zooming
ke objek yg dicurigai supaya lebih jelas.
7. Setelah mengetahui kejadian yg ada, pemilik rumah bisa mengambil tindakan dengan
menyalakan sirine atau alarm (langsung dari hp) untuk mengagetkan pencuri, atau
diam-diam menghubungi pihak kemanan untuk menangkap pencuri yang menyatroni
rumahnya tersebut.

Selain itu, dengan adanya sensor asap ataau sensor api, jika terjadi potensi kebakaran, maka sistem juga bisa mengirim pemberitahuan ke pemilik rumah melalui SMS dan MMS, sehingga pemilik rumah dapat segera menghubungi pihak keamanan untuk segera mengambil tindakan.

Jadi dengan adanya sistem kemanan yang berbasis teknologi ini, sangat membantu bagi para pemudik yang hendak mudik, tanpa takut rumahnya kemalingan atau kebakaran. Walaupun mereka sedang melakukan perjalanan mudik atau sudah ada dikampung halaman, rumah yang ditinggalkan masih tetap bisa dipantau.

Segera pasang alat ini dirumah Anda, mencegah lebih baik dari pada menyesal dikemudian hari.

Silahkan jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan seputar keamanan rumah bisa komentar dibawah ini

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes